Sakit Gigi dan cara menghilangkan nyerinya

Posted by alkes on September 19, 2016  /   Posted in Pengobatan

Sakit gigi yaitu rasa nyeri pada gigi. Sakit gigi disebabkan oleh berbagai masalah pada gigi dan rahang, seperti karies gigi, gingivitis, penyakit rahang atau hal lainnya yang menyebabkannya. Sakit gigi juga merupakan gejala penyakit jantung, seperti angina. Sakit gigi dapat mengakibatkan penyakit jantung dan stroke. Setidaknya, sakit gigi dapat menyebabkan kepala pusing dan tidak nyenyak tidur. (sumber: wikipedia)

Penyebab Utama Sakit Gigi

sakit gigi dan cara menghilangkan nyerinyaAda dua penyebab utama sakit gigi. Yang pertama, adalah ketika ada rongga atau lubang dalam gigi yang membuat syaraf di bagian dasar gigi terbuka. Yang satunya adalah ketika gusi yang membingkai gigi Anda terinfeksi (disebut abses, seperti bisul). Anda dapat meringankan sakit sakit gigi yang Anda rasakan untuk sementara, tetapi hanya dokter gigi yang benar-benar mampu mengobati dan memperbaiki masalah pada gigi secara lebih permanen. Berikut beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk mengobati sakit gigi untuk sementara

Efek Nyeri Sakit Gigi

Dan efek yang paling ringan dialami banyak orang adalah rasa pusing di kepala dan juga tidur yang tidak bisa nyaman karena merintih kesakitan. Pada awalnya gejalanya biasanya bagian gigi yang akan mengalami sakit terasa cenut-cenut ringan disertai sedikit rasa sakit yang masih bisa ditahan, tapi jika dibiarkan begitu saja maka lama kelamaan sakitnya akan bertambah dan gusi pun mulai membengkak. Nah, bila sudah seperti ini anda sudah harus cepat-cepat mencari obatnya.

Obat alami dan tradisional sekarang ini banyak dijadikan sebagai rujukan untuk mengobati sakit gigi. Tapi tahukah Anda bahwa sebelum mengobati sebenarnya harus tahu dulu apa penyebab dari sakit giginya. Yang kita tahu selama ini bahwa kalau seseorang sakit gigi biasanya disebabkan oleh gigi berlubang atau berongga. Padahal tidak semuanya seperti itu. Nyeri atau sakit gigi bisa mulai dari akar gigi yang sensitive, gangguan TMU (Temporomandibular Joint) atau sakit gigi yang terjadi di rahang bawah mulut, akibat penyakit gusi, impaksi dan erosi gigi, sindrom gigi retak, hingga karena adanya ketidakseimbangan hormon juga bisa menjadi penyebabnya.

Cara menghilangkan nyeri sakit gigi

Ada banyak sekali jenis obat untuk mengatasi sakit gigi dengan obat tradisional.

Sikat bagian yang sakit

Sikat langsung di bagian yang sakit, jika bagian yang samping maka focus di bagian situ sambil juga sesekali di bagian atas dan samping sebelahnya.Akan lebih bagus kalau lakukan selama mungkin sampai busanya makin banyak. Di langkah pertama ini kamu pasti akan melihat kuman atau ulat langsung saat meludah karena memang cara ini dimaksudkan agar kuman penyebab rasa sakitnya bisa hilang.

Selanjutnya, setelah menyikat sekali kemudian kumur-kumur lalu sikat sekali lagi menggunakan pasta gigi.Pada tahap kedua ini, lakukan juga dalam waktu yang lama yang mana bagian yang sakit disikat terus menerus hingga betul-betul bersih dan akhiri juga dengan kumur-kumur.Melakukan ini memang rasanya sakit sekali karena gigi yang sudah mulai sakit, apalagi kalau ada yang sudah sampai bengkak sedikit. Tapi bagi saya ini akan jauh lebih baik dibanding harus mengalami sakit gigi yang membuat kita tidak bisa tidur sepanjang malam.

Berkumur dengan Garam

Ini resep obat cara mengatasi sakit gigi dari orang tua kita, termasuk Anda pasti juga pernah disarankan melakukan ini.

Minyak Cengkeh

Setelah dua cara pengobatan awal di atas dan sebelum kamu berobat ke dokter atau menggunakan bahan alami lain, maka sangat disarankan menggunakan minyak cengkeh. Adapun cara penggunaannya adalah dengan cara menuang minyak secukupnya pada kapas lalu tempelkan pada bagian yang sakit. Usahakan dijepit atau digigit agar tak lepas.Biarkan dalam waktu lama dan ganti bisa sudah terasa kurang efeknya.

Kompress

Disarankan juga untuk mengkompres bagian yang sakit gigi menggunakan kain tipis yang telah diberi air dingin. Ini fungsinya untuk langkah awal mengurangi rasa sakit pada gigi. Tapi jangan sampai langsung memberikan es pada bagian yang sakit karena mala sebaliknya hasilnya, sebab gigi dalam keadaan seperti itu sensitive pada panas dan dingin yang berlebih.

Beberapa Obat Alami

Minyak dari Tempurung Kelapa yang Mujarab

Ambil tempurung kelapa yang sudah tua, belah lalu bakar tanpa menggunakan plastic atau pun minyak agar tak terkontaminasi dengan bahan kimia. Selanjutnya, setelah tempurung menyala sempurna dan tampak sudah mengeluarkan minyak, matikan dengan cara dikipas atau ditiup, tapi jangan menggunakan air. Nah, selagi masih panas, minyak yang tampak keluar anda ambil menggunakan kapas. Cara alami ini dapat bekerja dengan baik maka sebaiknya gunakan agak banyak, ya tentunya jangan hanyak membakar sedikit tempurung. Hasilnya, dalam beberapa menit saja anda akan merasakan khasiat dari cara menghilangkan sakit gigi dengan bahan herbal ini yang mana rasa sakitnya akan berkurang.

Bawang Putih + Cengkeh + Garam

Pertam-tama, siapkah uletan untuk menumbuk atau menghaluskan bahan yang disebut di atas, yakni bawang putih yang telah dikupas, cengkeh sebanyak satu suing, dan juga satu sendok makan garam dapur.

Selanjutnya campur semua bahan dalam ulekan lalu hancurkan hingga halus betul yang mana hasil akhirnya nanti seperti pasta yang padat.

Terakhir, tinggal tempelkan langsung pasta bawang putih tersebut pada bagian yang sakit, pastikan pas pada bagian tersebut agar obat sakit gigi ini bekerja dengan baik.Dan sebaiknya lakukan ini antara 3 sampai 4 kali dalam sehari. Ada juga yang menyarankan dimasukkan dalam kain kalau tidak kuat dengan rasanya, tapi cara ini sebenarnya mengurangi khasiat obatnya karena tidak bisa langsung bersentuhan dengan bagian yang sakit.

Merica dan Garam

Campuran merica dan garam ini sangat dianjurkan bila gigi terasa sudah sangat sensitive dari penggunaan anti bakteri, analgesic, dan anti-inflammatory. Ada cara pembuatannya adalah dengan melakukan beberapa langkah ringan ini:

  1. Buat campuran yang seimbang antara merica bubuk dan juga garam halus. Akan lebih baik lagi kalau menggunakan merica yang banyak dijual dalam bentuk sachet lalu tuangkan semua dalam mangkuk kecil lalu masukkan lagi garam dalam jumlah yang sama.
  2. Selanjutnya beri air beberapa tetes saja untuk membentuknya seperti pasta yang kental.
  3. Terakhir tinggal beri langsung pada bagian gusi atau gigi yang mengalami rasa sakit. Diamkan hingga beberapa menit lalu bilas dengan berkumur. Anda bisa melakukan ini setiap hari hingga beberapa hari atau sampai obat sakit gigi ini menunjukkan khasiatnya yang manjur.

Post a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*