Penyakit Saat Kehamilan yang Berbahaya dan Harus Diwaspadai

Posted by alkes on Oktober 25, 2016  /   Posted in Kehamilan, Penyakit

Penyakit saat kehamilan merupakan masalah tersendiri bagi ibu hamil dan janin dalam kandungan. Karena masa kehamilan adalah masa dimana tubuh sangat membutuhkan asupan makan yang maksimal baik jasmani maupun rohani (selalu rileks dan tidak stres).

Penyakit Saat Kehamilan yang Berbahaya dan Harus DiwaspadaiDi masa-masa ini pula, ibu hamil sangat rentan terhadap menurunnya kemampuan tubuh untuk bekerja secara maksimal. Ibu hamil juga akan sangat rentan terhadap beberapa penyakit. Selain itu penyakit saat kehamilan akan berpengaruh terhadap berkembangan janin dalam tubuh ibu hamil.

Penyakit Saat Kehamilan yang Berbahaya dan Harus Diwaspadai

Toksoplasma

Toksoplasma penyakit saat kehamilan yang cukup populer menyerang. Toksoplasma adalah parasit. Parasit tersebut tidak menyerang manusia, tapi hidup pada beberapa hewan seperti kucing, anjing, kambing dan sebagainya. Seseorang dapat terinfeksi parasit toksoplasma bila berjalan tanpa alas kaki. Bahkan parasit tersebut bisa masuk ke tubuh bila anda memakan daging yang kurang sempurna kematangannya, sayur-sayuran dan buah-buahan mentah yang tidak dicuci. Namun, kebanyakan ibu hamil terserang toksoplasma karena hewan peliharaannya salah satunya kucing.

Gejala yang timbul pada saat parasit toksoplasma menyerang tubuh yaitu badan menjadi demam, sakit kepala, badan terasa lemah, pembengkakan getah bening, penglihatan menjadi terganggu, tubuh gemetar bahkan bisa terjadi kejang-kejang.

Anemia

Disebut juga anemia kehamilan. Penyakit saat kehamilan dimana kondisi tubuh memiliki sedikit sel-sel darah merah atau sel tidak dapat membawa oksigen ke berbagai organ tubuh. Selama kehamilan volume darah seorang wanita meningkat hampir sebesar 50 persen dan konsentrasi sel darah merah bisa diencerkan. Janin berkembang bergantung pada darah ibu tapi jika ibu menderita anemia dapat mengakibatkan pertumbuhan janin yang buruk, lahir prematur dan berat lahir rendah.

Pregnancy Induced Hypertension (Tekanan darah tinggi)

Penyakit saat kehamilan ini merupakan salah satu bentuk tekanan darah tinggi selama masa kehamilan. Kondisi ini sering kali terjadi pada wanita hamil pertama kali, kehamilan kembar, atau wanita hamil yang sebelumnya sudah memiliki riwayat penyakit kronis seperti diabetes dan hipertensi. Penyakit ini dapat membuat kenang pada ibu hamil dan tentu dapat beresiko fatal pada kondisi kesehatan janin.

Resus

Rhesus atau yang sering disebut dengan Rh merupakan penyakit saat kehamilan yang memang sangat jarang terjadi, penyakit terjadinya ketidakcocokan jenis darah ibu dengan bayi. Pada umumnya penyakit Rh ini akan berdampak negatif yaitu bayi yang baru lahir tersebut dapat terkena anemia atau terjadi komplikasi lainnya seperti penyakit kuning atau pembesaran organ tubuh.

Intrauterine Growth Restriction

Intrauterine Growth Restriction (IUGR) suatu kondisi dimana janin lebih kecil dari yang diharapkan selama beberapa minggu pertama kehamilan. Penyakit saat kehamilan ini disebut juga sebagai pembatasan pertumbuhan janin. Penyakit saat kehamilan dimana janin yang tumbuh pada kondisi seperti ini, beratnya kurang dari 90 persen dari semua janin dari usia kehamilan yang sama, dan ada kemungkinan bayi lahir prematur, yaitu sebelum 37 minggu.

Kekurangan nutrisi dan oksigen yang diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan organ-organ adalah salah satu penyebab paling umum IUGR, yang mencegah sel dan jaringan tumbuh atau penurunan ukuran mereka. Kondisi ini juga dapat disebabkan karena keturunan.

Prematur

Prematur adalah tidakwajaran yang dimulai sebelum 37 minggu kehamilan dan terutama dicirikan oleh kontraksi rahim prematur, pecahnya kantung atau selaput ketuban atau dilatasi serviks.

Meskipun penyakit saat kehamilan ini sebenarnya penyebab persalinan prematur masih belum diketahui, pecah ketuban dini dianggap sebagai salah satu penyebab dominan, yang dapat terjadi sebagai akibat dari beberapa penyakit medis yang kronis seperti jantung atau penyakit ginjal, tekanan darah tinggi, infeksi, dan lainnya. Bayi yang lahir pada kondisi seperti ini sering kali kecil, memiliki berat lahir kecil dan mungkin memerlukan bantuan dalam bernapas, makan, melawan infeksi, dan mempertahankan suhu tubuh stabil.

Diabetes

Diabetes merupakan salah satu komplikasi penyakit saat kehamilan berisiko tinggi di mana tingkat glukosa darah akan meningkat dan gejala diabetes lain yang mulai muncul selama kehamilan pada seorang wanita yang belum pernah sebelumnya didiagnosis diabetes. Gestation diabetes selama kehamilan tidak terjadi karena kekurangan insulin, tetapi karena efek memblokir hormon lain pada insulin yang dihasilkan dalam tubuh. Biasanya, gejala diabetes menghilang setelah melahirkan.

Keguguran

Disebut juga aborsi spontan, keguguran penyakit saat kehamilan akibat dari kehilangan kehamilan awal, yang dapat dikategorikan ke jenis berikut:

  • Terancam (bercak dan perdarahan di trimester pertama)
  • Lengkap (janin, plasenta dan jaringan lain yang disahkan dengan pendarahan)
  • Tidak lengkap (beberapa bagian dari jaringan tetap di dalam rahim)
  • Lewat aborsi (janin mati tetapi tidak melewati keluar dari rahim)
  • Septik (terinfeksi keguguran)
  • Berulang (lebih dari tiga kali keguguran)

 

Post a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*