Kolesterol Tinggi Ciri, Penyebab dan Pengobatannya

Posted by alkes on September 28, 2016  /   Posted in Penyakit

Kolesterol tinggi dinamakan juga hiperkolesterolemia kondisi dimana tingkat kolesterol dalam darah yang melampaui kadar yang normal. Kolesterol adalah senyawa lemak berlilin yang sebagian besar diproduksi di hati dan sebagian lainnya didapatkan dari makanan.

Kolesterol merupakan metabolit mengandung lemak sterol, ditemukan pada membran sel dan disirkulasikan dalam plasma darah. Kolesterol dalam darah akan semakin meningkat, disebabkan adanya asupan makan mengandung lemak jenuh dan gaya hidup cenderung tidak teratur dan seimbang. Penyumbang kolesterol paling tinggi adalah makanan tertentu umumnya banyak berasal dari sumber produk hewani, seperti daging, susu dan telur.

Kondisi kolesterol tinggi dapat meningkatkan risiko terkena penyakit serius. Penyakit yang mengintai penderita kolesterol tinggi umumnya berkaitan dengan adanya pengendapan kolesterol berlebihan pada pembuluh darah, seperti stroke dan serangan jantung.

Kolesterol Tinggi Ciri, Penyebab dan Pengobatannya

Kolesterol Tinggi Ciri-Cirinya

Ciri kolesterol tinggi dibagi menjadi dua macam jenis. Yaitu kolesterol baik, biasa disebut HDL (high-density lipoprotein), satunya lagi adalah kolesterol jahat LDL (low-density lipoprotein). Kolesterol jahat bila banyak mengendap akan membentuk plak pada tubuh. Plak mengendap akan menghambat aliran dalah dalam pembuluh darah sehingga menimbulkan berbagai penyakit.

Tapi untungnya, tubuh kita dilengkapi dengan Kolesterol HDL yang bertugas untuk membersihkan plak-plak yang disebabkan oleh kolesterol jahat. Namun, apabila HDL tak mampu membersihkan plak tersebut, kolesterol akan tetap menumpuk serta menyebabkan Ateroseklerosis.

Ateroseklerosis dapat menyebabkan pembuluh darah mengecil, dengan kata lain aliran darah pada pembuluh darah akan berkurang serta dapat menyebabkan kerusakan pada organ-oragan tubuh yang seharusnya teraliri darah cukup. Apabila ini terjadi dalam jangka waktu panjang tanpa adanya penurunan, hal ini akan menyebabkan penurunan fungsi organ tubuh. Bahkan, disfungsi organ tubuh juga dapat terjadi jika memang telah sangat parah.

kolesterol tinggi ciri cirinya

 

Akibat Kolesterol Tinggi

Jika ini terjadi dapat menyebabkan berbagai gejala penyakit seperti penyakit stroke, penyakit jantung, serta gangguan pada mata. Untuk itu, sangat penting bagi kita mengetahui ciri-ciri kolesterol tinggi agar kita dapat mencegah serta mengobatinya.

Ciri-ciri kolesterol tinggi bisa dibilang sangat samar untuk diperlihatkan. Namun, ada beberapa ciri khusus. Ciri-cirinya:

  1. Penumpukan plak pada pembuluh darah menyebabkan rasa berat di tengkuk dan di pundak karena suplai darah dan oksigen tersumbat pada bagian tersebut.
  2. Karena pembuluh darah mengecil, aliran darah ke otak juga terhambat sehingga menyebabkan sering sakit kepala.
  3. Aliran darah ke otak yang terhambat juga menyebabkan rasa kantuk sering menyerang. Letih, lesu juga sering terjadi karena darah terhambat.
  4. Kolesterol tinggi menyebabkan stamina berkurang, dengan kata lain mudah menjadi lelah akibat aktivitas yang tidak terlalu berat.
  5. Karena aliran darah tidak lancar serta menggumpal, sering terjadi kesemutan pada bagian tubuh tertentu.

Pencegahan Kolesterol Tinggi

kolesterol tinggi pencegahan dengan makanan

Gaya hidup sehat diperlukan dalam mengani kondisi kolesterol tinggi. Mengonsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang adalah salah satu langkah utama yang bisa dilakukan dalam mencegah atau menurunkan kadar kolesterol. Kandungan lemak dalam makanan harus rendah. Cobalah ganti konsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh dengan buah-buahan dan sayur-sayuran, serta biji-bijian utuh (misalnya roti gandum utuh). Dengan begitu, kadar kolesterol dalam tubuh akan tetap rendah. Selain diet sehat, segera mulai melakukan olah raga secara rutin dan turunkan berat badan bagi yang mengalami kelebihan berat badan. Tidak kalah penting, hindari merokok. Dan beberapa makanan pencegah kolesterol tinggi diantaranya adalah :

Buah apel

Buah apel megandung serat larut dan tidak larut sangat tinggi. Maka tubuh akan jauh lebih sehat jika lebih sering makan buah ini. Sehingga tidak usah takut untuk melakukan pemeriksaan ke dokter. Kedua serat didalam buah apel ini kemudian akan melakukan kerja sama untuk membantu menurunkan kolesterol, mencegah terjadinya arteri pengeresan, juga untuk membantu melindungi tubuh dari serangan jantung serta penyakit stroke.

Cuka apel

Makanan untuk mencegah kolesterol tinggi lainnya adalah cuka apel. Cuka apel membantu dalam meningkatkan sensitivitas insulin pada penderita penyakit diabetes melitus tipe 2. Dan menurut salah satu penelitian, cuka apel bila diminum dengan teratur membantu menurunkan kolesterol tinggi dan membantu meningkatkan kolesterol baik.

Buah alpukat

Buah alpukat merupakan salah satu jenis buah dengan kandungan asam oleat, lemak tidak jenuh, serta mengandung kandungan serat pangan, dapat membantu dalam meningkatkan kolesterol sehat. selain itu bersamaan dengan membantu menurunkan kolesterol buruk.

Gandum

Gandum merupakan salah satu makanan untuk mencegah kolesterol tinggi dengan kandungan baik yang ada didalamnya. Salah satu penelitian menunjukkan bahwa pengaruh buruk akibat dari kolesterol tinggi dapat diminimalisir olehh beta-glucan, misalnya jenis serat dalam gandum. Dan sekitar dari 4%-10% sudah terbukti membantu mengatasi masalah kolesterol tinggi.

 

written by distributor alkes

Post a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*