Kecanduan Gula gak lagi, Ini Tipsnya

Posted by alkes on Oktober 31, 2016  /   Posted in Penyakit

Kecanduan gula dapat menyebabkan pengaruh buruk pada kesehatan tubuh. Gula memang memberikan berbagai manfaat bagi tubuh kita. Gula adalah suatu karbohidrat sederhana yang menjadi sumber energi bagi tubuh kita. Selain hal itu, fungsi gula adalah mengubah rasa menjadi manis, dan gula merupakan salah satu pemanis buatan yang paling sering digunakan, baik di makanan dan minuman.

Kecanduan Gula dan Bahayanya

kecanduan gula tips hentikan kecanduan gulaNamun kecanduan gula atau konsumsi berlebih, dituding menimbulkan berbagai penyakit gula diantaranya diabetes dan obesitas. Tapi, walau gula dapat memicu berbagai gangguan kesehatan, salah satunya diabetes, namun tak bisa dipungkiri lagi bahwa tubuh kita juga membutuhkan zat gula.

Maka dari itu jangan menganggap remeh tentang kecanduan gula (konsumsi gula berlebih ini) dan harus mulai mengontrol asupan makanan yang dikonsumsi. Dibawah ini beberapa dampak kesehatan dan bahaya gula yang ditimbulkan akibat kecanduan gula.

Merusak Jantung

Hasil studi tersebut menyatakan bahwa molekul yang terdapat dalam gula yang disebut dengan glukosa 6-fosfat bisa mengakibatkan otot jantung berubah dan apabila hal tersebut terus dibiarkan, maka gula sama saja dapat meningkatkan seseorang terkena gagal jantung.

Lemak pada Perut

Apabila seseorang mengkonsumsi gula secara berlebihan maka resiko tertimbunnya lemak pada lingkar pinggang dan perut Anda semakin meningkat dan bisa menyebabkan obesitas.

Kanker

Bagi orang-orang yang menderita kanker, mengkonsumsi gula dengan jumlah yang tinggi akan membuat kesempatan bertahan hidup semakin relatif rendah.

Kecanduan Gula

Kecanduan Gula memiliki sifat yang buruk bagi tubuh sama halnya dengan alk0h0l yang bisa membuat seseorang kecanduan. Pada saat konsumsi gula mulai ditinggalkan biasanya seseorang akan merasakan lapar dan memiliki keinginan kembali untuk megkonsumsi gula.

Hati

Pada sebuah penelitian yang dilakukan menunjukan bawa gula dan Alk0h0l memiliki efek yang beracun bagi organ hati. Jika konsumsi gula berlebihan maka organ hati akan terganggu fungsinya karena mengalami kerusakan.

Otak

Dampak buruk bagi kesehatan akibat mengkonsumsi gula berlebih selanjutnya adalah berhubungan dengan otak. Sebuah penelitan yang dilakukan pada tahun 2009 menunjukan bahwa konsumsi gula memiliki kaitan erat dengan terjadinya penuaan yang terjadi dalam sel-sel otak.

Gula Merusak Gigi

Menurut Asosiasi Dental Amerika (ADA) jenis makanan dan juga minuman yang tinggi akan kandungan gula bisa menimbulkan karang dan juga memicu munculnya lubang pada gigi dan menyebabkan sakit gigi. Gula adalah makanan yang dikonsumsi bakteri dan bisa menghasilkan asam yang mengakibatkan gigi berlubang. Maka dari itu ADA memberikan saran untuk mengurangi konsumsi jenis makanan yang mengandung gula, selain itu rutin menyikat gigi setelah makan agar gigi berlubang dapat dicegah.

Diabetes

Dan bahaya yang sering dikemukakan oleh para peneliti tentang gula adalah resiko penyakit diabetes. Apabila gula dikonsumsi secara berlebihan maka akan membuat sistem insulin dalam tubuh menjadi terganggu dan akibat apabila tidak terkeontrol maka akan meningkatkan resiko terkena diabetes tipe 2.

Kecanduan Gula gak Lagi, ini tipsnya

Jika kita sudah terlanjur memiliki kecanduan pada gula dan kesulitan menghentikan keinginan untuk selalu makan makanan manis, jangan khawatir. Kecanduan gula masih bisa dihentikan.

1. Makan camilan sehat

Setiap kali Anda ingin makan makanan yang manis dan mengandung banyak gula, makanlah camilan yang lebih sehat. Misalkan pilih buah-buahan yang terasa manis, namun tetap menyehatkan. Mengonsumsi camilan yang sehat tak hanya membuat Anda jauh dari keinginan makan gula, tetapi juga membuat Anda kenyang.

2. Makan seimbang

Jika Anda makan seimbang setiap hari, kemungkinan kecil Anda akan mengalami kecanduan gula. Dengan makan seimbang, tubuh akan mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan setiap hari dan Anda tak akan kecanduan gula.

3. Minum jus sayur atau buah

Ketika ingin makan makanan yang manis, cobalah minum jus sayur atau jus buah untuk menghentikannya. Namun jangan lakukan ini jika Anda memiliki diabetes. Karena meski buah-buahan mengandung gula alami, namun gula mereka tetap tak baik bagi orang yang memiliki diabetes.

4. Jangan simpan makanan manis

Salah satu trik untuk menghindari kecanduan gula adalah dengan tidak menyimpan makanan manis atau makanan yang bergula di dekat Anda. Menyimpan makanan manis hanya akan meningkatkan keinginan Anda untuk memakannya.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah dan menghentikan kecanduan gula. Menghindari makanan yang manis sangat penting untuk menjaga kesehatan.

Post a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*